Tips Memilih Sepatu Pernikahan

sepatu wedding brokat

Sepatu wedding merupakan salah satu bagian dari outfit pernikahan yang perlu diperhatikan, mengingat ketika acara nyaman tidaknya sepatu yang dikenakan dan cantik tidak nya akan mempengaruhi pengantin saat acara resepsi.

Oleh karena itu tidak bisa sembarangan dalam memilih sepatu pernikahan, dan jika kamu sedang mencari sepatu yang pas untuk pernikahan kamu, berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih sebuah sepatu wedding

1. Pastikan Sepatu Wedding Kamu Cocok dengan Baju yang akan dikenakan

Baju Pernikahan

Baju wedding ini menentukan model sepatu yang pas dipadukan, sepatu wedding untuk gaun tentunya berbeda dengan sepatu wedding yang dikenakan untuk baju pengantin model kebaya.

Untuk kamu yang menggunakan baju pengantin model gaun, hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah tinggi heels yang diperlukan menyesuaikan dengan panjang gaun. Umumnya kalau gaun yang custom made dibuat khusus biasanya sepatunya jg bisa sesuai keinginan tinggi heelsnya, namun untuk gaun yang sewa lebih baik ditanyakan terlebih dahulu ke bridal nya untuk tinggi heels yang disarankan. 

Baju pengantin model kebaya pun terbagi menjadi dua macam, kebaya dengan jarit bebet, atau kebaya dengan model bawah rok/ gaun. Untuk model kebaya disarankan model sepatu yang tidak terlalu tertutup seperti pumps shoes. Akan lebih cantik jika dipadukan dengan model sepatu yang bertali, atau model sepatu sandal. 

2. Sesuaikan Dengan Bentuk Anatomi Kaki

Sepatu Pernikahan

Tuhan memberikan keunikan pada setiap kaki, baik anda memiliki kaki yang gemuk maupun yang kecil sekalipun perlu sekali untuk mengenal dan menyesuaikan bentuk model sepatu dengan bentuk kaki, sehingga akan didapatkan sepatu yang nyaman. Tidak perlu lagi merasakan kesakitan ketika mengenakan sepatu.

Untuk kamu yang cenderung kaki nya lebar didepan, disarankan memilih sepatu yang open toe, atau terbuka di depan, jangan memilih sepatu dengan model yang lancip. 

Jika kamu termasuk tipe orang yang suka kesulitan karena bagian belakang sepatu sering coplot2, kemungkinan karena anda memiliki tumit yang rata, disarankan memilih sepatu dengan straps, bisa ankle straps ataupun straps di punggung. 

Ada baiknya mengkonsultasikan bentuk kaki kamu dan model sepatu yang kamu inginkan dengan desainer sepatu anda.

3. Pastikan Bahan Sepatu Pernikahan Kamu Serasi dan Nyaman

Bahan sepatu pernikahan

Untuk bahan sepatu wedding beragam, biasanya disesuaikan dengan baju yang dikenakan, ada bahan satin, brokat, kulit mutiara, kulit kilap. 

Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing2, Namun apabila anda memilih warna putih untuk sepatu wedding anda, lebih baik tidak menggunakan bahan satin, karena mudah kotor dan susah perawatannya.

Saran saya pilih bahan kulit kilap karena mudah untuk dibersihkan, namun lain lagi ceritanya jika memang anda berniat menyimpan sepatu pernikahan kamu setelah dipakai acara resepsi sebagai kenang-kenangan. 

Kamu bisa tetap memilih menggunakan bahan satin atau brokat berwarna putih.