Apa Itu Ambeien dan Bagaimana Menyembuhkan Tanpa Operasi

Apa anda merasa tidak nyaman ketika duduk? Terdapat sensasi panas dan nyeri pada dubur yang mengganggu? BAB anda disertai darah merah? Yang anda rasakan adalah gejala penyakit wasir atau ambeien.

Faktor Penyebab Ambeien

Sampai saat ini belum ada yang dapat memastikan penyebab penyakit ambeien secara pasti, namun beberapa ahli telah memberikan beberapa kemungkinan yang dapat menjadi penyebab ambeien.

Faktor Terlalu Lama Duduk

Terlalu lama duduk hingga berjam-jam merupakan salah satu faktor yang menyebabkan penyumbatan aliran darah pada dubur, sehingga menyebabkan penebalan jaringan mati pada area sekitar dubur. 

Mengejan Terlalu Kuat

Kebiasaan mengejan yang berlebihan ketika sedang buang air besar akibat sembelit juga merupakan faktor yang diduga sebagai salah satu penyebab penyakit wasir, meski penyebab wasir sebagian besar karena banyak duduk terlalu lama. 

Penderita wasir tidak hanya pekerja kantoran yang harus duduk berlama-lama di depan meja, banyak juga  profesi yang lainnya, anak-anak, ibu rumah tangga, bahkan tak terkecuali ibu hamil yang dapat menderita penyakit ambeien. 

Lalu apa sebenarnya penyakit Ambeien itu?

Penyakit ambeien sendiri adalah pembengkakan pembuluh darah pada bagian ujung usus yang menyebabkan tonjolan baik pada dubur bagian dalam maupun luar, umumnya bentuknya seperti bisul berwarna merah kebiruan.

Maka dari itu kenalilah gejala penyakit ambeien agar anda dapat mengatasi nya sedini mungkin.

Adapun gejalanya antara lain :

  • Merasakan sakit ketika buang air besar.
  • Tidak nyaman pada area dubur ketika duduk. Umumnya merasakan sensasi panas ketika duduk
  • Merasa gatal sesudah buang air besar
  • Mengalami kesulitan ketika buang air besar
  • Terdapat darah saat buang air besar
  • Terdapat benjolan yang muncul di area dubur baik bagian dalam maupun bagian luar

Apabila sekarang anda merasa cukup terganggu dengan penyakit ambeien yang anda derita ada beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk mengurangi rasa sakit nya. Diantaranya.

Berendam di air hangat selama 10-15 menit setiap hari. Lakukan setelah buang air besar. Hal ini bertujuan untuk melancarkan aliran darah pada tubuh bagian bawah.  

Konsumsi banyak air dan makan serat dalam jumlah yang cukup  untuk menghindari sembelit. Karena ketika sembelit anda akan mengejan lebih keras, dan hal tersebut akan memperparah kondisi ambeien anda

Gunakan bantal ‘donat’ untuk alas duduk. Hal tersebut akan mengurangi rasa sakit akibat duduk di alas yang rata, usahakan jangan duduk dalam posisi yang sama terlalu lama. Ganti posisi setiap beberapa menit dan bergeraklah sesering mungkin

Kompres dubur Anda dengan menggunakan es untuk meredakan bengkak.

Rajin Bersihkan area bokong dan anus memakai tisu basah non-parfum setelah usai BAB. Keringkan dengan tisu kering yang bersih. jangan menggosok dubur untuk menghindari iritasi.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Ambeien?

Mengatasi ambeien dapat dilakukan dengan operasi, namun apabila anda takut menjalani operasi, kini terdapat pengobatan herbal yang bisa jadi solusi obat wasir ampuh.  Beberapa herbal yang telah dicoba dan memiliki khasiat untuk mengatasi wasir diantara nya adalah : bawang putih, kulit manggis, daun sirsak, lidah buaya, tanaman cocor bebek. Daun handeuleum, bunga pagoda, akar kangkung, urang aring.

Banyak penderita wasir yang memilih menggunakan pengobatan herbal mungkin karena takut di operasi hehehe…. Just kidding ya. Yang jelas pengobatan menggunakan herbal lebih aman, 100% dari bahan alami sehingga tanpa efek samping. Selain itu Juga banyak yang berhasil sembuh dengan menggunakan obat herbal untuk mengatasi wasir. 

Namun selain menggunakan pengobatan juga perlu diperhatikan bahwa ambeien merupakan penyakit yang dapat kambuh, oleh karena itu perlu sekali menjaga pola hidup sehat dengan cukup air putih, banyak bergerak, dan makan serat banyak untuk terhindar dari ambeien.