Cara Mencegah dan Membasmi Rayap Pada Atap Rumah

Sumber Gambar : Okezone

Rumah adalah tempat tinggal, tempat berteduh, tempat berlindung, dan berkumpulnya keluarga. Untuk itu sebuah rumah yang baik harusnya dapat membuat nyaman penghuninya, untuk dapat selalu menjaga kenyamanan tersebut tentunya rumah harus selalu dirawat dengan baik. Terutama jika rumah yang anda miliki banyak terbuat dari unsur kayu akan menuntut perawatan yang lebih intensif.

Karena kayu sangatlah rentan terhadap serangan rayap, apalagi bagi kita yang tinggal di wilayah tropis seperti di Indonesia ini dimana rayap mudah sekali muncul terutama saat musim hujan. Salah satu bagian rumah yang paling rawan terserang rayap adalah atap rumah, rata-rata kerangka atap rumah di Indonesia masih menggunakan kayu.

Sementara bagian atap adalah bagian yang sulit dijangkau sehingga jarang dilakukan perawatan rutin pada rangka atap rumah. Rayap sendiri senang dengan kondisi yang lembab dan ketika musim hujab maka rawan munculnya rayap pada kayu-kayu atap rumah, apalagi jika ada kebocoran pada genting anda sehingga memicu udara menjadi lembab.

Hal ini tentunya sangat berbahaya karena jika ternyata rangka atap rumah anda keropos karena dimakan rayap maka dapat beresiko rubuh. Oleh karena itu sebaiknya anda memanggil jasa anti rayap untuk melakukan pemerikasaan  pada rangka atap anda sekaligus untuk melapisi rangka atap anda dengan cairan anti rayap. Namun jika ternyata nanti ditemukan adanya serangan rayap jika masih tahap awal bisa segera dilakukan pembasmian.

Jika saat ini anda masih dalam membangun rumah atau sedang mengganti rangka atap anda yang sudah keropos maka sebaiknya dilakukan langkah pencegahan agar kedepannya rangka atap kayu anda aman dari serangan hama rayap.

Berikut ini adalah beberapa Hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah rayap menggerogoti kayu atap anda.

Lapisi Kayu Menggunakan Tinner

Tinner selain untuk mencairkan cat dan pelitur ternyata juga berfungsi untuk mencegah datangnya rayap, Aromanya yang kuat membuat rayap tidak mau mendekati. Oleh karena itu sebelum material kayu-kayu anda pasang pastikan sudah di olesi tinner terlebih dahulu, setelah itu jemur hingga kering barulah anda gunakan untuk membuat rangka atap rumah anda.

Gunakan Minyak Tanah

Selain tinnet minyak tanah juga dapat untuk mencegah datangnya rayap, bahkan jika sudah terlanjut dimakan rayap namun masih belum parah anda dapat menggunakan minyak tanah untuk membasmi rayap cukup semprotkan pada bagian yang terkena rayap.

Untuk pencegahan sama seperti penggunaan tinner anda bisa oleskan minyak tanah pada permukaan kayu, jika pada kayu terdapat lubang-lubang kecil anda bisa menggunakan jarum suntik untuk menyuntikan minyak tanah kedalam lubang – lubang tersebut. Selebihnya tunggu hingga kering. 

Insektisida dan Busa Racun Rayap Sebagai Pilihan

Saat ini dipasaran banyak beredar insektisidan dan busa racun untuk rayap, memang produk-produk tersebut sangat ampuh dalam mebasmi rayap namun saran saya produk tersebut adalah pilihan terakhir setelah cara-cara diatas tidak mempan.

Kenapa? karena produk tersebut memiliki efek samping terhadap kesehatan sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam penggunaannya dan saat anda menggunakan produk bahan kimia pastikan bahwa rumah anda telah kosong dari keluarga dan hewan peliharaan anda.

Setelah selesai dilakukan penyemprotan, sebaiknya tunggu beberapa saat 30 – 1 jam sebelum anda dan keluarga dapat masuk ke rumah lagi.