Mengenal Dusun Tumang Cepogo, Sentra Kerajinan Tembaga Indonesia

Desa Wisata Kerajinan Tembaga Kuningan Tumang terletak di Desa Tumang, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah merupakan suatu desa yang terletak dilereng gunung antara merapi dan merbabu, bukan hanya menyimpan keindahan alam pegunungan yang alami. 

Di kawasan ini juga berkembang sentra kerajinan pengolahan tembaga dan kuningan yang sudah berlangsung puluhan tahun. Sentra kerajinan tembaga Cepogo Boyolali belum lama ini telah di resmikan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia yaitu Bapak Presiden Joko Widodo. 

Dengan di resmikannya sentra kerajinan tembaga Cepogo Boyolali sentra kerajinan tembaga cepogo semakin terkenal dan semakin diketahui oleh kalangan luas. 

Sebagian besar warga desa ini menjadi penghasil kerajinan tembaga dan kuningan ada sekitar 50 kelompok perajin dengan 2000 pengrajin lebih yang mayoritas warga desa setempat. 

Dengan sentuhan seni dan peralatan manual, ratusan perajin di Cepogo berhasil bertahan menggantungkan hidupnya dari industri kerajinan berbagai peralatan dan hiasan dari tembaga dan kuningan bahkan Kualitas kerajinan tembaga dan kuningan Cepogo sudah mampu berbicara di tingkat internasional. 

Padahal, Cepogo hanyalah sebuah kawasan perkampungan yang jauh dari perkotaan di Kaki Gunung Merbabu dan Merapi.

Produk kerajinan tembaga cepogo telah berhasil menembus pangsa internasional. Rata-rata produk mereka diekspor sampai ke negara Jerman, AS, Australia, Swedia, Perancis, Jepang, dan Timur Tengah. 

Produk yang dihasilkan bersifat custom made dan high end, para pengrajin hanya mengerjakan sesuai pesanan dari customer. Dan rata-rata nilai produknya juga sampai ratusan juta. 

Hasil kerajinannya berbagai macam diantaranya keperluan rumah tangga (teko, gelas, mangkok, piring, dll), Bath Up, Pemanas Makanan, Lampu Gantung, Kubah Masjid, dan masih banyak lagi hasil kerajinan tembaga yang dapat dihasilkan oleh para pengrajin di cepogo, tidak hanya itu customer juga bisa memesan kerajinan tembaga secara custom model, ukuran dan bahan apa yang digunakan sehingga sesuai dengan yang di inginkan. 

Tidak heran kini banyak yang menggunakan kerajinan tembaga sebagai salah satu elemen dalam arsitektural, baik berupa furniture maupun hiasan rumah dengan nilai seni yang tinggi.

Saat ini ketersediaan infrastruktur jalan yang memadai, pasar kerajinan, show room merupakan tantangan bagi klaster sentra industri kerajinan di Tumang yang perlu segera di adakan, sehingga daerah tumang juga dapat menjadi daerah destinasi wisata. 

Mengingat industri kerajinan tembaga kenteng merupakan satu-satu nya sentra industry di ndonesia, dan diseluruh dunia bahkan hanya ada di tucson mexico yang memiliki keunggulan yang sama.

Para pengrajin di tumang mengerjakan seluruh proses pembuatan kerajinannya di rumah masing-masing, dan memajang nya di rumah mereka. Belum ada suatu tempat yang dapat dijadikan showroom atau galerry bersama. 

Tentunya jika ada dan juga menampilkan proses pembuatan kerajinan dari awal sampai akhir akan menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi wisata di daerah dusun tumang, cepogo, boyolali.