Tips Praktis Promosi via Instagram

Dunia pemasaran digital saat ini sedang banyak digandrungi, banyak penjual-penjual yang memulai start awal branding produk mereka lewat instagram, dan banyak yang sukses membangun brand nya dan meraup keuntungan yang banyak. 

Di Indonesia sendiri, pada tahun 2016, pengguna aktif Instagram sekitar 22 juta menurut VP Facebook untuk Asia Pasifik, Dan Neary, seperti dikutip dari dailysocial.id. 

Dan, angka-angka itu bisa saja terus bertambah. Dengan data-data statistik tersebut, Instagram kini menjadi media sosial yang lebih populer dari Twitter. 

Bagi pemilik brand dan pebisnis online, Instagram merupakan pilihan yang sangat tepat untuk mempromosikan produk-produknya dan meningkatkan omset penjualan. 

Apalagi dengan jumlah pengguna Instagram yang sangat banyak seperti disebutkan di atas. 

Apabila anda sedang memulai sebuah usaha dan mau mencoba memasarkannya melalui sosial media khususnya instagram, ada beberapa trik yang perlu anda ketahui.

Pastikan mengisi biodata dengan lengkap.

Pada bagian bio untuk profil di instagram pastikan diisi dengan lengkap, contact yang dapat dihubungi, link website jika ada, dan deskripsi singkat mengenai apa yang anda jual. Pastikan juga menggunakan foto profil yang menarik atau gunakan logo brand produk anda.

1 Akun untuk 1 tema

Akan lebih efektif membangun brand apabila anda memiliki 1 tema dalam akun instagram anda. Misal anda memiliki dua macam produk yang berbeda tema akan lebih baik bila dipromosikan dalam dua akun instagram yang berbeda. Misal 1 akun bertema baju muslim, dan akun instagram satunya mengenai kecantikan.

Akun-akun Instagram besar memiliki follower yang banyak karena mereka sering berbagi konten bermanfaat. Tapi bukan saja bermanfaat, namun mereka juga konsisten berbagi konten yang satu temanya.sehingga follower yang terkumpul pun memiliki 1 minat yang sama.

Posting secara konsisten dan berkelanjutan akan meningkatkan awareness followers terhadap akun anda.

Gunakan Hastag untuk menarik audience

Penggunaan hastag yang berkaitan dengan tema akun anda akan membuat orang-orang yang memiliki minat yang sama untuk memfollow anda. Dan seperti diketahui jumlah followers juga memiliki pengaruh terhadap seberapa besar penjualan anda. 

Untuk menaikkan jumlah followers secara cepat anda juga dapat menggunakan jasa jual followers instagram. Namun carilah provider atau layanan jasa yang menyediakan tambahan followers yang aktif.

Berikan promo yang menarik

Giveaway atau memberikan produk gratis salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan followers. Namun pemberiannya menggunakan syarat2 misalkan harus follow dl, kemudian share, dan regram salah satu status dalam akun kita.

Gunakan jasa endorse

Pemilik akun IG yang nge-hits dan mempunyai followers sangat banyak yang mencapai ribuan hingga jutaan sering disebut dengan selebgram. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemilik online shop sebagai cara untuk mempromosikan atau endorse produknya lewat akun selebgram.

Hal itu bukannya tanpa alasan, rekomendasi dari teman atau orang yang dipercayai menjadi faktor yang bisa mempengaruhi keputusan pembelian.