Tools Untuk Riset Kata Kunci Secara Gratis

Dalam memulai bisnis idealnya harus diawali dengan sebuah riset untuk mengetahui apa yang sedang di inginkan market saat ini, sehingga kita dapat memenuhi keinginan market. Begitupun dengan bisnis online kita harus melakukan riset keywords untuk mengetahui berapa banyak orang yang mencari subuah kata kunci tertentu dalam 1 bulan.

Kewords ini selain berguna untuk memberikan gambaran mengenai berapa besar pasar kita, juga berguna bagi anda yang mencari traffic melalui SEO. Dengan melakukan riset kata kunci yang tepat maka kita dapat mengetahui kata kunci apa saja yang tingkat persaingan di Google rendah dan kata kunci apa yang tingkat persaingannya berat.

Sehingga kita bisa mengatur strategi bagaimana kita akan melakukan optimasi SEO terhadap website kita. Semakin banyak kata kunci yang dapat kita optimasi pada website kita di halaman pertama Google maka akan semakin banyak pengunjung situs kita.

Ubersuggest Tool Untuk Riset Kata Kunci, Gratis dan Powerfull

Ubersuggest ini saya rekomendasikan yang pertama karena menurut saya tools ini meskipun gratis tapi memiliki fitur yang cukup lengkap. Ubersuggest sendiri dikembangkan oleh Neil Patel yaitu salah seorang pakar Digital Marketing dari Amerika Serikat yang tentunya juga sangat menguasai SEO.

Neil Patel ini telah mendalami SEO sejak usianya 16 tahun, dan saat ini dia dikenal sebagai salah satu pakar digital marketing dan telah membantu banyak perusahaan dalam merancang strategi digital marketing yang tepat untuk mereka.

Cara menggunakan tools ini cukup sederhana, saat anda membuka situs ini pada halaman pertama anda sudah di suguhkan form isian untuk memulai riset kata kunci.

Jangan lupa sesuaikan negara tujuan yang menjadi target kata kunci anda. Karena jika salah negara maka hasilnya tidak akan akurat. Selanjutnya isi kata kunci anda dan tekan tombol search, maka anda akan dibawa ke halaman berikutnya.

Disini saya sebagai contoh memasukan kata kunci Jilbab Syar’i dan hasilnya adalah volume pencarian perbulan rata-rata 14.800 – 18.100, untuk tingkat kesulitan SEO sedang, untuk paid difficult sulit, artinya jika anda memasang iklan dan menarget iklan anda tampil paling atas maka anda harus membayar cukup mahal.

Kemudian ketika anda scroll lagi kebawah anda akan menemukan Data metrix keyword anda dan variasi kata kunci lainnya yang berkaitan dengan kata kunci yang anda masukan.

Jika anda klik tombol view all keyword anda akan dibawa ke halaman yang memberikan hasil variasi kata kunci yang lebih banyak lengkap dengan metrix-nya.

Pada gambar diatas dapat dilihat di kolom SD (SEO difficult) itu terdapat warna hijau dan peach. warna hijau itu menandakan bahwa kata kunci tersebut masih minim persaingan sehingga mudah untuk masuk ke halaman pertama. 

Semakin besar nilai SD maka semakin sulit untuk meranking pada kata kunci tersebut, mungkin lebih tepatnya dibutuhkan waktu lebih lama untuk bisa memanangkan persaingan di halaman 1.

Dibagian bawah sendiri anda akan mendapatkan hasil dari halaman pencarian di Google untuk kata kunci yang anda masukan. Pada bagian ini anda dapat melihat metrix dari website pesaing anda, artinya anda dapat mengetahui apa saja yang harus anda lakukan untuk mengalahkan pesaing anda.

Pada gambar diatas hanya disajikan 5 besar yang menduduki halaman satu Google, namun jika anda menekan tombol “view all serp result” maka anda akan disuguhkan data peringkat 100 besar dari kata kunci yang anda masukan.

Pada gambar diatas hanya bisa mengambil tampilan untuk 5 besar namun jika anda scroll kebawah akan ada hasil lainnya hingga peringkat 100.

Kesimpulan

Dari hasil uji coba menggunakan Ubersuggest, bisa dibilang tool besutan Neil Patel ini cukup lengkap, mengingat Google Keyword Planer sudah tidak dapat digunakan secara gratis maka Ubersuggest ini bisa jadi solusinya.

Sementara pada tahap ini anda sudah tau kata kunci apa saja yang dapat dioptimasi dengan cepat, jika anda masih belum paham langkah apa lagi yang harus dilakukan maka saya sarankan anda untuk mengikuti pelatihan bisnis online.

Banyak pelatihan-pelatihan yang diadakan diluaran sana, anda bisa mencari di Google yang sesuai dengan kota anda, pastikan pelatihan yang anda ikuti memberikan materi mengenai SEO sehingga anda akan mendapat informasi mengenasi SEO secara keseluruhan.

Related Post