Inspirasi Desain Pagar Untuk Rumah Mungil

Seringnya kalau beli di developer terutama untuk rumah dengan type kecil, pagar tidak termasuk didalamnya. Padahal anda tentunya ingin agar rumah anda lebih aman dengan memiliki pagar. Pagar sendiri juga akan memberikan anda privasi lebih didalam rumah anda. Jika anda mencari inspirasi bentuk model pagar untuk rumah anda, bisa kunjungi polarumah.com

Pagar rumah pada awalnya berfungsi sebagai pengaman dan pembatas wilayah area rumah dan tanah yang dimiliki.  Namun semakin kesini fungsi pagar tidak lagi hanya menjadi pengaman dan pembatas, keberadaan pagar merupakan bagian dari fasad rumah yang akan mempengaruhi penampilan rumah secara keseluruhan. 

Pagar mempunyai peran yang sangat penting untuk mendukung konsep rumah yang juga merupakan bagian dari investasi pembangunan sebuah rumah. Bagaimana tidak, penampilan rumah tentu akan berdampak pada nilai rumah Anda secara rupiah.

Yang terpenting dalam memilih bentuk pagar yang tepat untuk rumah anda, adalah perhatikan kesatuan dengan fasade atau tampilan depan bangunan, serta luasan bagian depan. 

Jangan sampai pagar yang anda pilih justru menjadikan rumah terlihat sempit dan merasa terkukung didalam rumah. Contohnya jika anda memiliki rumah minimalis maka pilihlah pagar dengan tinggi tidak lebih dari 1 meter. Sedangkan apabila rumah anda lebih besar anda dapat memilih pagar yang lebih tinggi, sehingga terdapat keserasian antara pagar dan rumah anda. 

Yang kedua adalah jenis pagar, apakah pagar anda tipe minimalis, atau mau model yang lebih klasik dengan model besi tempa berulir, kembali lagi sesuaikan dengan model fasade rumah anda.

Dalam memilih bahan atau material untuk pagar pun perlu pertimbangan yang tepat, berikut dua material yang paling sering digunakan untuk pagar rumah

Besi / Logam

material yang umum digunakan sebagai pagar rumah antara lain bahan besi/logam terutama karena besi termasuk fleksibel dan kuat. Dapat dibentuk menjadi bermacam-macam bentuk dan model sehingga dapat menyesuaikan dengan desain rumah. besi juga mampu bertahan dalam cuaca panas dan hujan, dengan catatan finishing nya dengan bahan berkualitas. 

Namun Besi termasuk material yang cukup mahal,para ahli pagar akan memberlakukan tarif mulai dari Rp.500.000 per meter persegi untuk pemasangan pagar. Harga yang ditetapkan tergantung dari kualitas dan ketebalan besi yang akan digunakan. 

Kayu

Kayu juga  dapat menjadi pilihan material untuk mendukung fasad sebagai pagar rumah. Kayu memiliki kelebihan warna yang unik dan netral dimana saja, termasuk pagar. 

Yang menjadi perhatian besar jika memakai material kayu adalah finishing pada material ini. Kayu identik dengan bahan yang mudah lapuk terkena air. Sehingga tidak bisa semua jenis kayu dijadikan pagar.  

Kayu ulin adalah pilihan sempurna untuk pagar kayu, karena kayu ulin sangat menyenangi air. Pagar kayu ulin bisa diperoleh dengan menemui ahli pagar dengan harga mulai dari 1,9 juta/meter sudah termasuk biaya pemasangan. Jika Anda ingin lebih hemat bisa membeli terpisah dan memperkerjakan orang untuk memasangnya.