Gejala Virus Corona (Covid 19) dan Cara Mengobatinya

gejala virus corona

Saat artikel ini di tulis dunia sedang menghadapi wabah virus corona baru atau COVID-19 virus ini adalah varian dari virus corona pada penyakit SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan pertama kali muncul di kota Wuhan China pada akhirn Desember 2019 yang dengan cepat menyebar ke kota-kota lain dan negara lain di dunia.

Kemunculan penyakit ini diawali dengan meningkatnya kasus Pneumonia di Wuhan hingga akhirnya diketahui bahwa penyebabnya adalah virus Corona varian terbaru dan WHO telah menetapkan nama bagi virus ini adalah COVID-19.

Menurut data dari berbagai negara di dunia tingkat kematian yang disebabkan oleh virus ini terbilang rendah namun penyebarannya sangatlah cepat dan akan menjadi sangat berbahaya jika penderita memiliki penyakit lain sebelumnya seperti diabetes, darah tinggi dan lain sebagainya. Selain itu lansia adalah termasuk yang sangat rentan terhadap virus ini.

Virus ini sendiri memiliki masa inkubasi 14 – 28 hari oleh karena itu ada baiknya kita mengenali gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini, sekilas memang gejalanya akan terlihat seperti flu biasa namun jika tidak ditangani dengan benar akan berakibat fatal.

Gejala Penyakit Corona (Covid-19)

Hari ke 1 - hari ke 4

Orang yang terkena virus ini akan mengalami demam dan kemungkinan tubuh juga akan mengalami kelelahan, nyeri otot dan disertai pula dengan batuk kering. Dalam beberapa kasus ada juga yang mengalami mual dan diare pada satu  atau dua hari sebelumnya.

Hari ke 5 - hari ke 6

Ada penderita yang mengalami sesak nafas, dan biasnya terjadi pada pasien berusia lanjut atau yang memiliki riwayat penyakit sebelumnya.

Hari ke 7

Bedasarkan penelitian dari Universita Wuhanm hari ke 7 adalah hari dimana rata-rata pasien dirawat dirumah sakit.

Hari ke 8 - Hari ke 9

Beberapa pasien mengalami kondisi yang cukup parah, sekitar 15% mengalami sindrom pernafasan akut. Pada kondisi ini cairan telah memenuhi paru-paru dan dapat berakibat fatal.

Hari ke 10 - Hari ke 16

Ketika pasien mengalami penurunan atau kondisinya memburuk. Pasiean akan dipindahkan ke ICU dan biasanya mereka mengalami gangguan pada perut serta kehilangan nafsu makan. Pada rentang ini sebagian kecil meninggal sekitar 2%.

Hari ke 17

Setelah menjalani perawatan sekitar 2 minggu, pasien yang kondisinya membaik akan mengalami kesembuhan dan keluar dari rumah sakit.

Bagaimana Mencegah Penularan Virus Corona

  1. Rajin cuci tangan, karane penularan virus ini karena terjadinya kontak fisik meski tidak menutup kemungkinan virus akan bermutasi dan dapat menyebar melalui udara.

  2. Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.

  3. Jauhi kerumunan, Saat ini pemerintah Indonesia telah menutup sekolah, dan meminta kantor-kantor untuk menerapkan kerja dari rumah dan menghimbau masyarakat untuk tetap dirumah dan tidak keluar rumah jika tidak benar-benar penting. Hal ini adalah untuk mengurangi berkerumunnya orang sehingga dapat meningkatkan penyebaran virus.

  4. Jika terpaksa harus keluar rumah, maka setiba dirumah harus mandi dan mengganti pakaian sebelum berinteraksi dengan anggota keluar lainnya. Menurut beberapa penelitian virus ini dapat menempel di benda dan bertahan untuk beberapa saat.

  5. Konsumsi supplemen dan vitamin serta istirahat yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  6. Hindari berinteraksi dengan orang yang sedang sakit demam, pilek, dan batuk.

  7. Jika mengkonsumsi daging, maka masaklah sampai benar-benar matang.

Komplikasi Virus Corona

Pada kondisi yang parah virus corona ini dapat menyebabkan kompliasi yang dapat berujung pada kematian. beriktu ini adalah beberapa komplikasi yang disebabkan oleh virus corona.

Jika anda atau orang sekitar anda mengalami kondisi gejala virus corona sebaiknya segera ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan, meski tingkat kematian akibat virus ini terbilang rendah namun jika terlambat penanganannya maka dapat berakibat fatal.